Jumat, 07 September 2012

Mengenal Modify Tools


Modify Tools adalah kumpulan tools untuk melakukan berbagai perubahan atau manipulasi terhadap bentuk geometri yang ada. Seringkali lebih cepat jika kita menggambar objek dengan beberapa garis bantu, lalu melakukan modifikasi. Daripada berusaha menggambar dengan benar dari awal.
Modify tools dapat digunakan secara noun-verb selection ataupun verb-noun selection. Noun-verb berarti anda memilih objek dulu, baru mengaktifkan tool. Verb-noun berarti anda mengaktifkan tool dulu baru memilih objek. Tidak semua tools dapat menggunakan noun-verb selection. Meski ini mungkin kebiasaan dari penggunaan software Windows compliant lainnya. (Anda harus memilih teks dulu sebelum mengkopinya di Word bukan?).
Berikut adalah modify tools yang dapat anda gunakan. Baik melalui toolbar ataupun melalui panel di ribbon bar.
modify tools.jpg
modify panel.jpg
Sama seperti tutorial penggunaan tools untuk drawing, saya tidak akan membahas secara detail setiap tools. Cara penggunaannya pada dasarnya sama dengan drawing tools.
Misalkan untuk copy. Berikut adalah langkah-langkah yang anda lakukan:
Command: _copy
Select objects: Specify opposite corner: 4 found
Select objects:
Current settings: Copy mode = Multiple
Specify base point or [Displacement/mOde] <Displacement>: Specify second point
or <use first point as displacement>: 1200
Specify second point or [Exit/Undo] <Exit>:
[googlevideo]http://video.google.com/videoplay?docid=4041341217920320282[/googlevideo]
Sama seperti saat menggunakan drawing tools, anda mengaktifkan tools, dan mengikuti langkah-langkah yang diminta oleh AutoCAD. Pada contoh ini:
  1. Mengaktifkan tool
  2. Memilih objek (lebih detail untuk pemilihan objek dapat dilihat di sini)
  3. Mendefenisikan titik acuan
  4. Menekan [enter] untuk mengakhiri tool.
Pada dasarnya hampir semua modify tools mengikuti alur pertanyaan di command line (atau dynamic input). Hanya array yang membutuhkan anda mengisi melalui kotak dialog.
array dialog.jpg
Di dialog ini, anda juga melakukan hal yang sama. Anda memilih objek, mendefenisikan jarak (dengan titik acuan ataupun mengisi nilainya), dan parameter lainnya. Anda dapat mengklik pada layar, dengan mengklik tombol berikut.
pick button.jpg
Silahkan dicoba-coba sendiri modify tools yang ada. Jika anda ingin penjelasan dari help, aktifkan modify tools yang anda inginkan, lalu tekan [F1]. Kita akan mencoba beberapa modify tools di latihan kelak.

0 komentar:

Posting Komentar